My speech on 30 May 2013

Assalamualaikum Wr.Wb.
Alhamdulillahi robbil alamin, wabihinasta’in ala umuuridduniya waddin.
Assolatu wassalamuala rasulillahi waala alihi waashabihi ajmain, amma ba’du…
Yang terhormat, bapak kepala sekolah SMP Negeri 1 Utan
Yang terhormat, bapak Camat Utan / pejabat yang mewakili
Yang terhormat, KUPT Dinas Diknas Kec.Utan / pejabat yang mewakili
Yang terhormat, dewan guru dan staf SMPN 1 Utan
Yang terhormat, komite SMPN 1 Utan
Yang terhormat, tokoh agama dan tokoh masyarakat
Yang berbahagia para tamu undangan, para orang tua siswa SMPN 1 UTAN
Daan teman-teman yang saya banggakan.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kita kepada Allah SWT , Tuhan semesta alam, Dzat yang telah menciptakan langit dan bumi beserta seluruh jagad raya ini, karena berkat karunia-Nyalah kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.
Tak lupa juga kita senandungkan lagu terindah, shalawat serta salam, kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW.
Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, karena telah diberi kepercayaan untuk menyampaikan sambutan singkat dalam acara Perpisahan kelas IX, SMPN 1 UTAN tahun ajaran 2012/2013 mewakili teman-teman kelas IX yang lainnya.
Seperti yang kita semua telah ketahui, bahwasannya kami siswa kelas IX sudah 3 tahun mengemban ilmu di sekolah tercinta ini. Tentu saja sudah sangat banyak pengalaman-pengalaman yang kami dapat di sekolah ini. Dari yang menyenangkan bagi kami para murid dan mengesalkan bagi para guru, ataupun sebaliknya. Tentu saja saya dan teman-teman pernah membuat guru-guru kami tercinta marah, kesal, jengkel, sedih, bingung, ataupun sebagainya. Maka dari itu pada kesempatan kali ini, saya ingin mengucapkan permintaan maaf yang sebesar-besarnya, tulus dari dalam hati, kepada guru-guru kami. Mungkin kalau kita mengingat-ingat masa dulu lagi, kita akan menertawakan masa-masa dulu, misalnya ketika kita di marahi guru karena terlambat, sehingga kita disuruh membersihkan halaman ataupun memungut sampah.
Ya, mungkin itu salah satu masa-masa yang buruk saat itu, tapi suatu hari nanti, suatu hari nanti, kita semua pasti akan merindukan masa-masa itu dan semuanya akan mempunyai hikmah, karena apa yang terjadi di dunia ini tidak ada yang tidak mempunyai hikmah.
Khusus untuk guru-guru kami tercinta, yang telah merelakan banyak tenaga, pikiran, waktu bahkan uang untuk kami. Terima kasih yang sebesar-besarnya, atas segala yang telah kalian berikan untuk kami. Kami berjanji, akan menggunakan ilmu-ilmu yang telah kalian berikan untuk hal-hal yang berguna, yang akan membuat dunia menjadi lebih baik. Sesuai dengan pesan kalian.
Pada kesempatan kali ini juga, izinkanlah saya mewakili teman-teman mengucapkan terima kasih kepada para orang tua kami yang selalu mendukung kami hingga sampai pada titik akhir saat ini. Maafkan kami yang sering mengecewakan kalian. Entah karena nilai kami yang tidak memuaskan, ketidak patuhan kami, ataupun hal-hal lainnya.
Dan untuk teman-teman seperjuangan saya, sahabat-sahabat saya, sudah tiga tahun lamanya kita bersekolah disini bersama-sama, suka duka semuanya kita lalui bersama. Banyak sekali pengalaman-pengalaman yang kita lalui bersama. Ingatkah kalian, ketika kita pernah mengerjakan lukisan bersama? Kita saling mentertawakan satu sama lain karena hasil lukisan yang berntakan, atau ingatkah kalian saat kita sedang tertawa lepas bersama karena hal lucu ataupun menangis bersama karena hal yg menyedihkan? Betapa serunya saat-saat itu. Jika kita menceritakan semua kisah kita. Pastilah waktu kita tidak akan cukup. Tetapi sahabat, kita tidak perlu menceritakan semuanya satu-persatu, karena kita hanya perlu mengingat satu hal dari semua pengalaman itu. Hal itu adalah, “ Kita melaluinya dengan sangat bahagia” .
Dengan sangat berat hati, saya ucapkan, selamat berpisah sahabat, selamat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Jangan lupakan kenangan kita selama ini, karena tentu saja, walaupun setelah ini kita berbeda sekolah, kita tetap akan bersahabat. Bukankah begitu? . terima kasih atas segala warna-warna indah yang telah kalian ukir di dalam hatiku sahabat. Warna-warna itu akan menjadi warna-warna terindah dalam hatiku. 
Kepada adik-adik ku kelas 7 dan kelas 8 kami akan selalu mengenang kalian, walaupun kami sudah tidak berada di sekolah ini lagi. Pesan kami pada kalian, kakak-kakak mu ini, hiasilah sekolah ini dengan prestasi, jadilah siswa yang selalu membanggakan para guru. Karena sesungguhnya hanya dengan cara itulah kita melunasi hutang pengabdian mereka kepada kita.

Ingatlah Sahabatdan adik-adik ku sekalian, pegang, pegang selalu 3 Kunci kesuksesan dalam islam. Yaitu yg pertama:
– Man Jadda Wa jadda (siapa yg bersungguh-sungguh akan berhasil )
– Man Shobaro Zhafiro (siapa yg bersabar akan beruntung )
– Man saro darbi ala washola ( siapa yg berjalan di jalan-Nya akan sampai )

Pesan saya, become beautifully bird and lightsome and its authority continually bounces up, fly high at space. (jadilah burung yang dengan indah dan anggun serta wibawanya terus melambung, terbang tinggi di angkasa. )
Teruslah mendaki sampai pada puncak tertinggi. Semoga SMPN 1 UTAN akan menjadi lebih baik dan selalu menjadi yang terbaik.
Hanya sekian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf atas segala kekurangannya, karena seseungguhnya kesempurnaan hanyalah milik Allah semata
Nasrumminallahi wafathungkorib wabasyiril mu’minin

Wassalamualaikum. Wr. Wb

Note : remembered when I read this speech as she cried on stage, the most memorable experience

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s